logo

on . Hits: 75

TIM IT PTA. AMBON

“GELAR DDTK 4 (EMPAT) APLIKASI INOVASI”

 PTA.Ambon.go.id││

Jumat 27 Mei 2022, bertempat di ruang Aula Pengadilan Tinggi Agama Ambon dilaksanakan DDTK 4 (empat) Inovasi Aplikasi secara Virtual oleh TIM IT Pengadilan Tinggi Agama Ambon, DDTK tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua PTA. Ambon dan diikuti secara langsung oleh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Ambon dan secara virtual diikuti oleh Pimpinan serta Tim IT Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Ambon.

Dalam sambutannya Drs. H. Sahrudin, SH.,MHI menyampaikan bahwa Hari ini kita akan mengsosialisasikan 4 (empat) aplikasi Inovasi yang telah dibuat oleh Tim IT Pengadilan Tinggi Agama Ambon guna meningkatkan Pelayanan dan Pengawasan pada satuan pengadilan agama sewilayah PTA. Ambon, 4 (empat) Aplikasi yang akan disosialisasikan pada hari ini adalah :

  1. Aplikasi i-SMAIL (Integrated System Mailing);
  2. Aplikasi REMIS (Re-Payment Monitoring Sistem);
  3. Aplikasi SIMONDEGA (Sistem Monitoring Delegasi);
  4. Aplikasi e-ERA (Elektronik Employee Rest Attendance).

Aplikasi i-SMAIL merupakan Aplikasi surat menyurat yaitu pengembangan dari Aplikasi SISMA, Aplikasi REMIS merupakan Aplikasi Monitoring sisa panjar karena suatu masalah terutama dengan Pengadilan yang berkaitan dengan biaya perkara yang membegkak dikarenakan sisa panjar belum dikembalikan, SIMONDEGA yaitu Aplikasi Monitoring Delegasi merupakan sesuatu yang prinsip, pelayanan di Pengadilan tidak lepas dari panggilan, kalau tidak dimonitoing maka kita akan lupa bahwa ada Panggilan yang sudah/belum di tindaklanjuti dan Aplikasi e-ERA berkaitan dengan  keluar masuk istirahat siang, dan paling terutama untuk APM ada kewajiban kita untuk melakukan presensi pada waktu istirahat.

Beliau berharap kepada semua perserta DDTK dapat memperhatikan dengan seksama sehingga DDTK ini dapat menghasilkan output yang diharapkan.

Sosialisasi 4 Aplikasi

Sementara itu Afwan Arsyad, SH. (Ketua Tim Development PTA. Ambon) menambahkan Dari 4 (empat) Aplikasi yang akan disosialisasikan khusus untuk Aplikasi  i-SMAIL karena pengembangan dari Aplikasi SISMA mak perlu diperhatikan karena ada penambahan beberapa fitur/menu, sebelumnya Pengelolaan hanya sebatas surat masuk, dan disposisi serta sebatas Internal kantor, setelah dilakukan pengembangan Pengelolaan Surat Masuk dan keluar sudah dapat dilaksanakan, pengarsipan ataupun proses disposisi sudah dapat dilaksanakan secara elektronik dan terintegrasi di Satuan Kerja sewilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Ambon sedangkan untuk Aplikasi REMIS dan SIMONDEGA adalah Aplikasi Monitoring yang penggunanya adalah Pimpinan/HAWASBID maupun HAWASDA untuk melakukan Pengawasan/Monitoring pelaksanakaan Pengembalian Sisa Panjar dan Monitoring Pelaksanaan Panggilan Delegasi. Khusus untuk Aplikasi e-ERA pengguna Aplikasi e-ERA yaitu Presensi Istirahat Keluar dan Masuk Istirahat saat ini penggunanya hanya untuk lingkup PTA. Ambon kedepan akan diintegrasikan sampai ke  Pengadilan Agama sewilayah PTA. Ambon.

Afwan Arsyad, SH. Juga Menyampaikan dalam beberapa hari kedepan Aplikasi SISMA akan di NON AKTIFKAN dan akan masuk dalam masa uji coba Penggunaan Aplikasi i-SMAIL yang akan dilakukan dalam beberapa hari kedepan, dan untuk mengefektifkan penggunaan Aplikasi i-SMAIL  akan disusul dengan surat Penggunaan Aplikasi i-SMAIL untuk Satuan Kerja dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Ambon.    

Mengakhiri penyampaiannya Afwan Arsyad, SH. menyampaikan jika didalam DDTK ada yang kurang jelas/masukan/pertanyaan harap langsung ditanyakan agar semuanya bisa sama-sama mengerti.

Acara dilanjutkan dengan DDTK yang disampaikan oleh Tim IT PTA. Ambon melalui Sdr. Septiano Pradita Hartono, S.Kom.

AFW_RED

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Ambon

Jl. Raya Kebun Cengkeh Batumerah Atas Ambon - 97128

Telp: (0911) 341171

Fax:  (0911) 355296

Website : www.pta-ambon.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.