logo

on . Hits: 75

PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON

“GELAR DISKUSI HUKUM TEKNIS YUSTISIAL”

 

PTA.Ambon.go.id││

Jumat 20 Mei 2022, bertempat di ruang Aula Pengadilan Tinggi Agama Ambon di gelar Diskusi Hukum Teknis Yustisial yang diikuti oleh Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Panitera Muda dan Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Ambon dan Ketua dan Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Panmud dan Panitera Pengganti Pengadilan Agama sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Ambon. Diskusi Hukum merupakan kegiatan rutin Pengadilan Tinggi Agama Ambon yang telah dituangkan didalam Program Kerja yang dilaksanakan 3 (tiga) kali dalam setahun yaitu pada bulan Mei, Agustus dan Desember. Acara diawali dengan Doa yang dibacakan oleh Drs. La suriadi dan dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia Drs. Abd. Qodir, SH.,MH.

Dis1

Dalam Laporannya Ketua Panitia Drs. Abd. Qodir, SH.,MH. Menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan atas dasar Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 1324/Dja/OT.01.1/IV/2019 tanggal 12 April 2019 Tentang Diskusi Teknis Yustisial, dengan Peserta Diskusi Hukum adalah Ketua, Wakil Ketua Hakim Tinggi, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Ambon serta seluruh Ketua dan Wakil Ketua, seluruh Hakim,  Panitera, Panitera Muda, dan Panitera Pengganti Pengadilan Agama sewilayah PTA. Ambon, dan dibiayai dari  IKAHI Daerah, IPASPI dan DIPA PTA. Ambon. Adapun Permasalahan-permasalahan yang akan di Diskusikan yaitu:

  1. Teknik Penyusunan Putusan TK. Pertama;
  2. Kapita Selekta Kepaniteraan;
  3. Kesekretariatan;
  4. Sita dan Eksekusi;
  5. Hukum Pembuktian.

Sebelum membuka acara Diskusi Hukum Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon (Drs. H. M. Shaleh, M.Hum), dalam sambutannya pertama-tama beliau mengucapkan selamat idul fitri kepada peserta Diskusi Hukum mohon maaf lahir dan batin serta beliau mengucapkan terimakasih terhadap rekan-rekan yang telah mengajukan cuti yaitu Ketua dan wakil ketua serta Hakim Tinggi yang telah kembali dari cutinya. Beliau juga menyampaikan Diskusi Hukum dilaksanakan atas keluhan Ketua Kamar tentang kualitas putusan TK Pertama terutama terletak pada amar-amar putusan.

Dis2

Beliau juga menyampaikan SIPP merupakan Parameter Kinerja kita yang nilainya 20% untuk itu beliau menghimbau kepada satker sewilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Ambon agar lebih meningkatkan Kinerjanya dan Harus mengsiasati waktu memutus perkara karena itu adalah bagian dari penilaian kinerja serat menghindari hal-hal yang membuat sidang itu menjadi lama untuk itu Hakim harus fokus, tegasnya”.

Beliau juga menambahkan akan dibuka pelatihan sengketa waris pada tanggal 23 s/d 5 juni 2022 kuota hanya 40 orang untuk itu beliau menghimbau agar hakim yang akan mengikuti harus segera mendaftaran diri untuk mengikuti kegiatan tersebut, kemudian dengan mengucapkan “BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM” kegiatan Diskusi Hukum secara Resmi dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon dengan Tema “PENINGKATAN PROFESIONAITAS HAKIM DALAM PENANGANAN PERKARA”.

Acara dilanjutkan dengan Diskusi Hukum.

AFW_RED

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Ambon

Jl. Raya Kebun Cengkeh Batumerah Atas Ambon - 97128

Telp: (0911) 341171

Fax:  (0911) 355296

Website : www.pta-ambon.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.