logo

Written by Moch. F. Bagus S on . Hits: 117

Langgur | www.pa-tual.go.id

WhatsApp Image 2022 03 14 at 11.30.58 1

Hari ini Minggu, 13 Maret 2022 bertempat di ruang Media Center, Ketua Pengadilan Agama Tual Saumsudin Djaki, S.H., Para Hakim, Sekretaris, Plt. Panitera, Pejabat Fungsional dan Struktural mengikuti Launching Aplikasi Sistim Informasi Tenaga Teknis Peradilan Agama (SIMTEPA), Aplikasi Acces CCTV Online (A.C.O) dan Penyerahan Penghargaan kepada Satker Berprestasi, serta Pembinaan oleh yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI secara during. Kegiatan tersebut dimulai pada Pukul 22.00 WIT – 00.00 WIT.

WhatsApp Image 2022 03 14 at 11.30.53 2 

Acara ini dilaksanakan secara during  di Haris Hotel Convention Surabaya, dihadiri oleh YM. Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. Syarifuddin, SH, MH, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Dr. Andi Samsan Nganro, SH, MH, Wakil Ketua Mahakmah Agung Bidang Non Yudisial Dr. H. Sunarto, SH, MH Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. Amran Suadi, SH, MH, Ketua Kamar Tata Usaha, Ketua Kamar Pidana, Ketua Kamar Perdata, Ketua Kamar Pembinaan, Ketua Kamar Pengawasan, Hakim Agung Kamar Agama, juga dihadiri oleh Perwakilan MURI, Panitera MARI, Sekretaris MARI, Pejabat Eselon I dan II dilingkungan MARI serta Ketua, Panitera dan Sekretaris PTA Se-Indonesia dan Mahkamah Syar’iyah Aceh. Acara tersebuit juga dihadiri secara daring Ketua Mahkamah Agung Sudan, Sekjen MA Maroko, Ketua Pengarah Jabatan Kehakiman Malaysia, Al-Imam Ibu Suud Saudi Arabia, Family Court Australia, Direktur LIPIA serta PTA dan PA Se-Indonesia.

WhatsApp Image 2022 03 14 at 11.30.55 1

 

Dalam kesempatan tersebut Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. H.Drs. Aco Nur, SH, MH melaporkan : Pertama, bahwa Rakor adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Badilag dengan  Kamar Agama dan PTA Se-Indonesia ini untuk membahas program kerja yang akan diimplementasikan oleh PTA se-Indonesia pada tahun 2022. Dalam Rakor ini dibagi menjadi tiga komisi yaitu Komisi Teknis Yudisial, Komisi Kepaniteraan, dan Komisi Keseretarisat. Kedua, Badilag telah membuat aplikasi SIMTEPA, sebagai aplikasi pendukung SIKEP MARI untuk memenuhi kebutuhan Badilag dalam data promosi dan mutasi dilingkungan Badilag, dengan adanya SIMTEPA dalam 2 hari SK mutasi dan promosi dapat diterima oleh pegawai setelah adanya hasil TPM. Ketiga, Aplikasi ACO, semula access CCTV dilingkungan Pengadilan Agama ada 5 titik saat ini menjadi 9 titik. ACO adalah sebagai aplikasi pengawasan dilingkungan Peradilan Agama. Dengan ACO Badilag dapat melakukan pengawasan secara intensif dan massif dapat kepada PA se-Indonesia. Dengan adanya ACO di 441 satker PA se-Indonesia menjadi 4.000 titik, Mahkamah Agung dianugerahi Penghargaan dari MURI sebagai Lembaga Yudikatif dengan CCTV terbanyak. Dirjen Badilag melaporkan bahwa kedua Aplikasi tersebut adalah murni hasil kreasi dan inovasi anak-anak badilag bukan dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Ketiga, untuk mendorong Kinerja Pengadilan Agama. Badilag memberikan penghargaan untuk Pengadilan Agama melalui  pelaksanaan APM, SIPP, mediasi, e-Court, laporan Tri wulan, mediasi, SIPP.

WhatsApp Image 2022 03 14 at 11.30.56

Dalam kesempatan tersebut Founder MURI Jaya Suprana menyampaikan : bahwa dalam mewujudkan transparansi Badilag telah memasang 4.000 titik cctv di 441 satker Pengadilan Agama dalam upaya mewujudkan transparansi peradilan untuk mewujudkan program ZI, WBK dan WBBM pada seluruh satker Peradilan Agama se-Indonesia. Apresiasi yang tinggi diberikan oleh MURI kepada Badilag yang telah mewujudkan transaparansi dan fungsi pengawasan serta standar pelayan mutu dilingkungan Lembaga yudikatif. Dengan ini MURI memberikan penganugerahan REKOR MURI kepada Badilag yang akan diterima oleh Ketua Mahkamah Agung RI.

WhatsApp Image 2022 03 14 at 11.30.58 3

Selanjutnya Launching Aplikasi SIMTEPA & ACO dilakukan oleh Ketua MARI didampingi Waka Yudisial, Non Yudisial, Ketua Kamar Agama, Sekretaris MA, Dirjen BAdilag ditandai dengan pemukulan gong. Pada kesempatan tersebut YM Ketua Mahkamah Agung juga berkenan membuka dan me-lihat secara langsung CCTV diwilayah barat Indonesia Mahkamah Syari’ah Aceh, PTA. Jayapura, PA. Ambon, PA Tual, PA. Atambua dan terakhir PA. Baturaja. Apresiasi yang tinggi diberikan Ketua Mahkamah Agung kepada Direktorat Jenderal Peradilan Agama atas inovasi dan prestasi-prestasi yang di raih.

WhatsApp Image 2022 03 14 at 11.30.55

Pada kesempatan ini Dirjen Badilag MARI juga menyerahkan penghargaan kepada Satker yang berprestasi selama tahun 2021. Adapun satker yang memperoleh penghargaan adalah : Pertama, Top Inovator Pelayanan Publik diberikan kepada PA. Kabupaten Madiun. Kedua, Penghargaan Sertifikat APM diberikan kepada PA. Lubuk Pakam, PA. Surabaya, PA. Balikpapan, PA. Sungguminasa, PA. Mataram, PA. Ternate, PA. Merauke; Ketiga, Penghargaan SIPP 1 Tahun  diberikan kepada PA. Kabupaten Malang; Keempat, Penghargaan SIPP 6 bulan diberikan kepada PA. Kabupaten Malang dan PA. CIlacap; Kelima, Penghargaan SIPP 3 bulan diberikan kepada PA. Cilacap; Keenam, Penghargaan SIPP diberikan kepada PA. Sibuhuan, PA. Bangli, PA. Pemalang, PA. Mojokerto, PA. Kuala Tungkal, PA. Lubuk Sikaping, PA. Bajawa; Ketujuh, Penghargaan e-Court diberikan kepada PA. Tangerang, PA. Bangkinang, PA. Talu; Kedelapan, Penghargaan Mediator Terbaik diberikan kepada Hakim PA. Makasar, Wakil Ketua PA. Klaten dan Ketua PA. Cilegon;

Semoga di tahun 2022 Pengadilan Agama di wilayah PTA Ambon semakin banyak yang menerima penghargaan.(AT)

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Ambon

Jl. Raya Kebun Cengkeh Batumerah Atas Ambon - 97128

Telp: (0911) 341171

Fax:  (0911) 355296

Website : www.pta-ambon.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.