logo

Written by Super User on . Hits: 345

ASESSMEN EKSTERNAL AKREDITASI PENJAMINAN MUTU PENGADILAN AGAMA DATARAN HUNIMOA TAHUN 2019 

 

 yeethn45

Bula I www.pa-dataranhunimoa.go.id

Selasa, 12 November 2019 Masehi bertepatan dengan tanggal 15 Rabiul Awwal 1441 Hijriah, Pengadilan Agama Dataran Hunimoa kedatangan Tim Asessmen Eksternal Badan Peradilan Agama yang dalam hal ini berdasarkan lampiran I Surat Direktur jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 4733/DJA/OT.013/2019 tanggal 9 Oktober 2019 tentang Pelaksanaan Asessmen Surveillance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Gelombang II Tahun 2019 penugasannya baik dari telusur dokumen maupun observasi untuk Pengadilan Agama Dataran Hunimoa adalah Tim Pengadilan Tinggi Agama Ambon. 

Berdasarkan surat tugas tertanggal 4 Nopember 2019 yang ditandatangani oleh KPTA Ambon hadir Sekretaris  PTA Ambon Ismail Difinubun, S.Ag., MH sebagai lead Asessor. Hakim Tinggi PTA Ambon Drs. H. Abd. Salam, SH., MH, Panitera PTA Ambon Drs. Hairil Anwar, MH,  Kasubah Renpog dan anggaran Ridwan Andjas Saleh, S.Sos dan pelaksanan Yanuar Fandi Bahtiar, S,Kom masing-masing sebagai pendamping Asessor. Tim melaksanakan asessmen selama dua hari sejak tanggal 12 Nopember 2019 hingga 13 Nopember 2019. 

Kedatangan Tim Asessor tersebut tanpa diketahui sebelumnya oleh seluruh pegawai Pengadilan

5yhtgdfgdfh

Agama Dataran Hunimoa. Selasa 12 Nopember 2019 pagi salah satu pendamping Asessor yaitu Drs. H. Abd. Salam, SH., MH melakukan penyamaran untuk membuktikan kesungguhan bekerja Pegawai Pengadilan Agama Dataran Hunimoa dengan menyamar sebagai pihak yang akan mengajukan perkara waris melalui meja PTSP dengan nama samaran Mahaban yang kemudian berdialog dengan petugas meja PTSP  bagian informasi mengenai  informasi perkara kewarisan. 

Setelah berhasil penyemaran tersebut tidak diketahui oleh bagian PTSP, beberapa saat kemudian Tim Asessmen PTA Ambon dengan disertai KPTA Ambon dengan disambut kemudian oleh Wakil/Plt. Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa beserta seluruh pegawai. Setelah tim melaporkan kehadirannya kepada pimpinan pengadilan dan menyampaikan tujuan kehadiran, selanjutnya  dilakukan observasi Implementasi APM sebagaimana petunjuk teknis pelaksanaan Asessmen Surveillance dan Asessmen Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Agama Gelombang II Tahun 2019.

Dalam evaluasi  implementasi APM Pengadilan Agama Dataran Hunimoa setelah penyampaian yel-yel Satker Pengadilan Agama Dataran Hunimoa dari Mahkamah Agung Unggul, Badilag Jaya, dan Pengadilan Agama Dataran Hunimoa ITA WOTU NUSA yang berakronim Integritas, Transparan,

543tgergdf

Akuntabel, Wibawa, Organizing, Terpercaya, Unggul, Netral, Ulet, Semangat dan Amanah. Plt Ketua (Wakil Ketua) Pengadilan Agama Dataran Hunimoa, Lutfi Muslih, S.Ag., MA. Menyampaikan presentasi  materi evaluasi implementasi APM Pengadilan Agama Dataran Hunimoa selama kurang lebi sepuluh menit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara Tim Asessmen  dengan Tim Penjaminan Mutu  Satker yang diketuai oleh Mukhlish Latukau, SHI, Tim Zona Integritas yang diketuai oleh Adi Sufriadi, SHI. sekaligus melakukan klarifikasi implementasi APM dan Program Prioritas Ditjen badilag.

Dalam penyampaian kesimpulan, catatan dan kata penutup dari Tim Asessmen eksternal disampaikan bahwa pada prinsipnya Tim mengucapkan terima kasih kepada Pengadilan Agama Dataran Hunimoa sebagai pengadilan Agama yang baru berumur satu tahun sejak diresmikan tanggal 22 Oktober 2018 telah bekerja keras, cerdas, ikhlas dan tuntas dalam menyiapkan segala sesuatu terkait APM, walaupun masih didapatkan temuan-temuan yang harus ditindaklanjuti dalam tempo satu bulan sampai dengan  selambat-lambatnya tanggal 30 November 2019 ke alamat surat elektronik: surat@pta-ambon. go.id.  dengan melengkapi eviden yang diminta pada berita acara hasil telusur dokumen APM, Membuat tautan (hiperlink)eviden  yang diminta ke berita acara,  mengirimkan eviden dan masing-masing LKE baik APM, ZI maupun PTSP.

wesdgerg

Setelah serah terima berita acara hasil telusur dokumen APM PA Dataran Hunimoa dilanjutkan dengan foto bersama dan selanjutnya diadakan pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon Drs. H. Sukiman Baco P, SH., MH yang dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon yang didampingi oleh Panitera dan Sekretaris PTA Ambon dan juga Plt Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa  menyampaikan selamat pada Pegawai Pengadilan Agama Dataran Hunimoa terutama dari Petugas PTSP yang telah melayani dengan baik penyamaran yang dilakukan oleh Tim PTA Ambon sehingga ke depannya dapat memperoleh nilai yang memuaskan terkait APM.

Ketua PTA Ambon juga menyampaikan terkait tugas pokok pengadilan dengan menceritakan contoh kasus perkara perceraian dengan alasan percekcokan yang dalam prosesnya menimbulkan persepsi para pihak terkait apa kira-kira putusannya sehingga seolah-oleh seperti cerdas cermat. Oleh karenanya dalam proses persidangan yang mengadili harus profesional, imparsial. Dalam proses persidangan jangan sampai seperti ngobrol biasa apalagi banyak ketawa-ketawanya serta tampak ekpresinya.

Ketua PTA juga meminta agar sikap optimis harus selalu dipegang dan dipedomani, jangan sampai kemudian menimbulkan keluhan-keluhan dan berandai-andai yang kemudian memunculkan sikap psimis. Terkait permintaan yang diminta oleh Panitera dan sekretaris baik dalam bentuk surat atau WA misalnya harus segera direspon karena pada prinsipnya hal tersebut  adalah personifikasi dari Ketua. Terkait progres program unggulan harus segera dilaporkan sebagai bentuk pertanggungjawaban. Oleh karena itu pula ketua, panitera dan sekretaris haruslah menjadi motivator-motivator bagi kemajuan satkernya. Terkait Kepuasan Masyarakat tim juga merasa puas karena melihat secara langsung dari para pihak.   

Terkait hubungan kemasyarakatan agar setiap warga peradilan menjunjung tinggi moralitas, memberikan pelayanan yang prima agar jangan sampai ada keluhan-keluhan dan pelanggaran terhadap kode etik. Terkait organisasi warga peradilan agar diperhatikan keberadaannya baik dari IKAHI, IPASPI, PTWP, maupun lainnya.

Setelah KPTA Ambon, Panitera PTA Ambon juga memberikan pembinaan terkait penanganan perkara baik SIPP maupun ecourt, juga program prioritas badilag seperti 9 aplikasi unggulan yang progresnya harus segera dilaporkan dan diwujudkan penerapannya di Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Juga terkait dengan manajemen pengadilan seperti Komitemen pimpinan, kemampuan dalam menggerakan, proses berkesinambungan. Menghadirkan Inovasi-inovasi, dan kemampuan mengkomunikasikan pelayanan prima pada masyarakat serta kontiunitas dalam implementasi pelaksanaannya.

Sebagai tambahan pembinaan Sekretaris PTA Ambon menyampaiakan terkait kelengkapan belanja modal, DIPA, maupun paket-paket program kerja. Juga disampaikan terkait pembangunan  gedung sambil menunggu pembangunan gedung kantor baru yang harus dilengkapi persyaratannya, agar kantor Pengadilan Agama Dataran Hunimoa terus dibenahi sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi semua pihak baik dari tata ruang maupun halaman yang memenuhi estetika.  Hubungan antar instansi juga perlu ditingkatkan. Terkait laporan tahunan juga agar segera disiapkan karena laporan di tingkat banding dan mahkamah agung tergantung laporan di satker tingkat pertama. 

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Ambon

Jl. Raya Kebun Cengkeh Batumerah Atas Ambon - 97128

Telp: (0911) 341171

Fax:  (0911) 355296

Website : www.pta-ambon.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.