logo

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON

Jalan Raya Kebun Cengkeh Batu Merah Atas, Ambon 97128

Tlp. 0911-431171, Fax. 355296, Email. surat@pta-ambon.go.id

PTA Ambon Raih Penghargaan “A Excellent” SAPM 2018 Pengadilan Tinggi Agama Amon patut berbangga dengan raihan hasil Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) tahun 2018 yang diumumkan bulan ini. Nilai yang didapatkan PTA Ambon sungguh menggembirakan yaitu “A Excellent”.
PTA Ambon Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Pengadilan Tinggi Agama Ambon mengadakan sosialisasi dan pelatihan pencegahan bahaya kebakaran. Dalam sosialisasi ini Pengadilan Tinggi Agama Ambon bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon.
PORTAL PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON Template website pengadilan yang sudah memenuhi standar SKMA 1-144/2011 Mengenai Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu website yang menggunakan template ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.
SIWAS "Whistleblowing System""adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan.
Aplikasi SIPP Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Ambon (www.pta-ambon.go.id), sebagai media informasi dan transparansi pada Peradilan Agama di Maluku   -   Keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Ambon mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, semoga tahun baru ini menjadikan kita untuk meningkatkan kinerja dan menjadi oran yang bertaqwa

Tata Cara Permohonan Informasi

 

A. Umum

1.   Prosedur pelayanan informasi di pengadilan terdiri dari:

  a. Prosedur Biasa; dan

  b. Prosedur Khusus.

2.   Prosedur Biasa digunakan dalam hal:

  a.  Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau

       media elektronik;

  b.  Informasi yang diminta bervolume besar;

  c.  Informasi yang diminta belum tersedia; atau

  d.  Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk

           dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus

       tersedia setiap saat dan dapat diakses publik atau informasi yang secara

           tegas dinyatakan sebagai informasi yang rahasia sehingga harus mendapat

           ijin dan diputuskan oleh PPID.

3.   Prosedur Khusus digunakan dalam hal permohonan diajukan secara langsung

      dan informasi yang diminta:

      a. Termasuk dalam kategori yang wajib diumumkan;

      b. Termasuk dalam kategori informasi yang dapat diakses publik dan sudah

          tercatat dalam Daftar Informasi Publik dan sudah tersedia (misal: sudah

          diketik atau sudah diterima dari pihak atau pengadilan lain);

      c. Tidak bervolume besar (jumlahnya tidak banyak); dan/atau

      d. Perkiraan jumlah biaya penggandaan dan waktu yang dibutuhkan untuk

          penggandaan dapat dilakukan dengan mudah.

4.   Alasan permohonan informasi yang dibuat Pemohon tidak dapat dijadikan

      alasan untuk menolak pemberian informasi.

5.   Petugas Informasi wajib membantu Pemohon informasi dalam mengajukan

      permohonan.

6.   Khusus informasi untuk mendapatkan fotokopi putusan Mahkamah Agung baru

      dapat diminta setelah putusan tersebut diterima oleh para pihak yang

      berperkara atau setelah 1 (satu) bulan sejak putusan tersebut dikirimkan oleh

      Mahkamah Agung ke Pengadilan Tingkat Pertama dan Banding.

 

B. Prosedur Biasa

Pelayanan informasi dengan menggunakan prosedur biasa dilakukan sesuai

dengan skema alur dalam gambar berikut:

 Klik Gambar Untuk Memperbesar

1.   Pemohon mengisi Formulir Permohonan Informasi yang disediakan Pengadilan

      dan memberikan salinannya kepada Pemohon (format Formulir Pemohonan

      Model A dalam Lampiran III).

2.   Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan

      dalam Lampiran IV).

3.   Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada

      Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait, apabila informasi yang

      diminta tidak termasuk informasi yang aksesnya membutuhkan ijin dari PPID.

4.   Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada PPID

      apabila informasi yang diminta termasuk informasi yang aksesnya

      membutuhkan ijin dari PPID guna dilakukan uji konsekuensi.

5.   PPID melakukan uji konsekuensi berdasarkan Pasal 17 Undang-Undang

      Keterbukaan Informasi Publik terhadap permohonan yang disampaikan.

6.   Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID

      menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Petugas Informasi, dalam hal

      permohonan ditolak (untuk menolak permohonan: format Pemberitahuan

      Tertulis Surat Keputusan PPID dalam Lampiran V).

7.   Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID

      meminta Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait untuk mencari

      dan memperkirakan biaya penggandaan dan waktu yang diperlukan untuk

      mengandakan informasi yang diminta dan menuliskannya dalam

      Pemberitahuan Tertulis PPID Model B dalam waktu selama-lamanya 3 (tiga)

      hari kerja serta menyerahkannya kembali kepada PPID untuk ditandatangani,

      dalam hal permohonan diterima (untuk memberikan ijin: format Pemberitahuan

      Tertulis PPID dalam Lampiran VI).

8.   Petugas Informasi menyampaikan Pemberitahuan Tertulis sebagaimana

      dimaksud butir 6 atau butir 7 kepada Pemohon Informasi selambat-lambatnya

      dalam waktu 1 (satu) hari kerja sejak pemberitahuan diterima.

9.   Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin

      melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk

      menggandakan atau tidak informasi tersebut.

10. Dalam hal Pemohon memutuskan untuk memperoleh fotokopi informasi

      tersebut, Pemohon membayar biaya perolehan informasi kepada Petugas

      Informasi dan Petugas Informasi memberikan tanda terima (Format Tanda

      Terima Biaya Penggandaan Informasi dalam Lampiran VII).

11. Dalam hal informasi yang diminta tersedia dalam dokumen elektronik (softcopy),

      Petugas Informasi pada hari yang sama mengirimkan informasi tersebut ke

      email Pemohon atau menyimpan informasi tersebut ke alat penyimpanan

      dokumen elektronik yang disediakan oleh Pemohon tanpa memungut biaya.

12. Petugas Informasi menggandakan (fotokopi) informasi yang diminta dan

      memberikan informasi tersebut kepada Pemohon sesuai dengan waktu yang

      termuat dalam Pemberitahuan Tertulis atau selambat-lambatnya dalam jangka

      waktu 2 (dua) hari kerja sejak Pemohon membayar biaya perolehan

      informasi.                                

13. Pengadilan dapat memperpanjang waktu sebagaimana dimaksud butir 12

      selama 1 (satu) hari kerja apabila diperlukan proses pengaburan informasi dan

      selama 3 (tiga) hari kerja jika informasi yang diminta bervolume besar.

14. Untuk pengadilan di wilayah tertentu yang memiliki keterbatasan untuk

      mengakses sarana fotokopi, jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam butir

      dapat diperpanjang selama paling lama 3 (tiga) hari kerja.

15. Setelah memberikan fotokopi informasi, Petugas Informasi meminta Pemohon

      menandatangani kolom penerimaan informasi dalam Register Permohonan.

 
C. Prosedur Khusus

Proses pelayanan informasi dengan menggunakan prosedur khusus, mengikuti

skema alur dalam gambar berikut:

Klik Gambar Untuk Memperbesar

1.   Pemohon mengisi formulir permohonan yang disediakan Pengadilan (format

      Formulir Pemohonan Model B dalam Lampiran VIII).

2.   Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan

      dalam Lampiran IV).

3.   Petugas Informasi dibantu Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja

      terkait mencari informasi yang diminta oleh Pemohon dan memperkirakan biaya

      perolehan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk pengandaannya.

4.   Apabila informasi yang diminta telah tersedia dan tidak memerlukan ijin PPID,

      Petugas Informasi menuliskan keterangan mengenai perkiraan biaya perolehan

      informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaannya dalam formulir

      permohonan yang telah diisi Pemohon (format Formulir Pemohonan Model B

      dalam Lampiran VIII).

5.   Proses untuk pembayaran, penyalinan dan penyerahan salinan informasi

      kepada Pemohon dalam Prosedur Khusus, sama dengan yang diatur untuk

      Prosedur Biasa dalam butir 10 sampai dengan butir 15.

6.   Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin

      melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk

      menggandakan atau tidak informasi tersebut.

 

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Bagaimana Tata Cara Melakukan Pengaduan?

Typography Pengaduan adalah laporan yang mengandung informasi atau indikasi terjadinya Pelanggaran terhadap Kode Etik dan pedoman perilaku Hakim, Pelanggaran Kode Etik dan pedoman perilaku Panitera dan Jurusita, Pelanggaran terhadap Kode Etik dan kode perilaku pegawai Aparatur Sipil Negara, Pelanggaran hukum acara atau Pelanggaran terhadap disiplin Pegawai Negeri Sipil atau peraturan disiplin militer, mala...

Selengkapnya

Prosedur Pengajuan Perkara

Typography 1. PROSEDUR PENGAJUAN CERAI GUGAT Langkah-langkah yang harus dilakukan Penggugat (Istri) atau kuasanya : 1. a. Mengajukan gugatan secara tertulis atau lisan kepada pengadilan agama/mahkamah syar’iyah (Pasal 118 HIR, 142 R.Bg jo Pasal 73 UU No. 7 Tahun 1989); b. Penggugat dianjurkan untuk meminta petunjuk kepada pengadilan agama/mahkamah syar’iah tentang tata car...

Selengkapnya


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas