logo

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON

Jalan Raya Kebun Cengkeh Batu Merah Atas - Ambon 97128

Tlp. (0911) 431171, Fax. 355296, Email: surat@pta-ambon.go.id

PA Namlea Sukses Launching Perdana PTSP Pengadilan Agama Namlea mengadakan Launching Perdana Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Acara ini diadakan di Aula Kantor Bupati Kabupaten Buru yang dihadiri oleh 200 orang tamu undangan yang terdiri dari Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buru serta para Kepala Instansi Pemerintah Kabupaten Buru lainnya.
Ketua PTA Ambon Melantik Wakil Ketua Tiga Pengadilan Agama Baru Pengadilan Tinggi Agama Ambon menggelar acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Wakil Ketua dan para pejabat di Pengadilan Agama yang baru yaitu Pengadilan Agama Namlea, Dataran Hunimua Seram Bagian Timur (SBT) dan Dataran Hunipopo Seram Bagian Barat (SBB).
PTA Ambon Raih Penghargaan “A Excellent” SAPM 2018 Pengadilan Tinggi Agama Amon patut berbangga dengan raihan hasil Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) tahun 2018 yang diumumkan bulan ini. Nilai yang didapatkan PTA Ambon sungguh menggembirakan yaitu “A Excellent”.
PORTAL PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON Template website pengadilan yang sudah memenuhi standar SKMA 1-144/2011 Mengenai Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu website yang menggunakan template ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.
SIWAS "Whistleblowing System""adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan.
Aplikasi SIPP Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Ambon (www.pta-ambon.go.id), sebagai media informasi dan transparansi pada Peradilan Agama di Maluku   -   Keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Ambon mengucapkan selamat atas dilantiknya Bpk. Drs. H. Sukiman BP, SH. MH sebagai Ketua PTA. Ambon Baru, yang dilantik pada hari Kamis tanggal 24 Januari 2019 semoga menjadi pemimpin yang amanah, Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Agama Ambon mengucapkan Selamat atas Pencangan Pembangunan Zona Integritas WBK dan WBBM tanggal 13 Februari 2019.

Ketua PTA. Ambon Membuka RAKERDA Pengadilan Tinggi Agama Ambon Tahun 2019

 

Ambon | pta-ambon.go.id (11/02/2019)

PTA. Ambon menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pengadilan Tinggi Agama Ambon dengan Pengadilan Agama Sewilayah PTA. Ambon Tahun 2019, yang rencananya akan berlangsung 2 (dua) hari dari tanggal 11 -12 Februari 2019. 

Pada acara pembukaan, Rakerda dihadiri oleh seluruh peserta Rakerda yang terdiri dari para Hakim Tinggi, pejabara struktural dan fungsional PTA. Ambon, Ketua-Ketua PA, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris untuk PA. Ambon di tambah para Hakim, Panmud dan Kasubag dan Panitea Pengganti PTA. Ambon.

Laporan ketua Panitia :

Acara diawali dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana (SC) yang disampaikan oleh Drs. Moh. Yasya, SH.MH, dalam laporannya beliau menyampaikan, bahwa Rakerda ini diadakan berdasarka Surat Keputusan ketua PTA. Ambon nomor : W24/336/SK/OT.01.1/01/2019 tanggal 31 Januari 2019.

Tema Rakerda adalah Peningkatan professionalism dan kinerj aparat dilingkungan Pengadilan Tinggi Agama Ambon melalui konsistensi penerapan teknis yustisial dan PTSP menuju Peradilan yang Agung

Bahwa Target dari Rakerda ini adalah : Terlaksanannya evaluasi pelaksanaan program kerja dan kegiatan tahun 2018, Tersusunnya rencana operasional kegiatan tahun 2019, Meningkatnya konsistensi penerapan teknis yustisial dan PTSP dilingkungan Pengadilan Tinggi Agama Ambon.

Peserta Rakerda seluruhnya berjumlah 75 orang terdiri dari Ketua wakil Ketua sertan pejabat structura Pengadilan Agama se Maluku

Sedangkan Materi yang dipaparkan dalam Rakerda adalah Kebijakan Ditjen Badilag dan PTA. Ambon, Penyusunan Putusan Pengadilan Tingkat Pertama, Implementasi SIPPP di Pengadilan Tingkat Pertama, Evaluasi Kinerja tahun 2018 dan Pemaparan Program Kerja tahun 2019, Sinkronisasi Program Kerja wilayah Hukum PTA. Ambon, Pelaksanaan dan Penerapan Eksekusi, Permasalahan Kejurusitaan dan implementasi e-court di Pengadilan Tingkat Pertama, Kapita selekta hokum acara (Penyampaian hasil pengawasan daerah tahun 2018), Pembagian komisi, Rapat Komisi dan Rapat Pleno Komisi

Sambutan Ketua PTA. Ambon :

Ketua PTA. Ambon Drs. H. Sukiman BP, SH. MH dalam sambutannya yang pertama mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt, yang senantiasa memberikan hidayah dan maunah, sehingga kita dapat melaksanakan Rakerda ini dengan sebaik baiknya, “ucapnya.

Sebelum saya melanjutkan sambutan, Saya sangat mengapresiasi kepada seluruh panitia, yang bekerja keras sehingga acara ini dapat berjalan seperti yang diinginkan,”kata beliau.

Lebih lanjut beliau mengemukakan bahwa saat ini memasuki era peradilan yang modern dengan berbasis Informsi Teknologi (IT).

“Sebagai lembaga pelayanan publik, tugas pokoknya adalah pelayanan dibidang hukum, dan kita dituntut untuk senantiasa meningkatkan profesonalisme, “jelasnya.

Pelayanan publik adalah saalah satu program reformasi birokrasi saat ini, dan dalam konteks penangan perkara aparatur peradilan memiliki standar yang jelas untuk menjadi aparat professional untuk itu pelayanan publik harus ditingkatkan.

Peningakatan pelayanan publik tidak semata mata putusannya, namun juga tranparansi dan akuntabiltas dan proses administrasi perkara aspek yudisial dan non yudisial.

Selanjutnya acara dimulai dengan materi rakerda yang pertama dari Ketua PTA. Ambon yaitu kebijakan Badilag dan PTA. Ambon.

(ar/it)

Add comment


Security code
Refresh

Bagaimana Tata Cara Melakukan Pengaduan?

Typography Pengaduan adalah laporan yang mengandung informasi atau indikasi terjadinya Pelanggaran terhadap Kode Etik dan pedoman perilaku Hakim, Pelanggaran Kode Etik dan pedoman perilaku Panitera dan Jurusita, Pelanggaran terhadap Kode Etik dan kode perilaku pegawai Aparatur Sipil Negara, Pelanggaran hukum acara atau Pelanggaran terhadap disiplin Pegawai Negeri Sipil atau peraturan disiplin militer, mala...

Selengkapnya

Prosedur Pengajuan Perkara

Typography 1. PROSEDUR PENGAJUAN CERAI GUGAT Langkah-langkah yang harus dilakukan Penggugat (Istri) atau kuasanya : 1. a. Mengajukan gugatan secara tertulis atau lisan kepada pengadilan agama/mahkamah syar’iyah (Pasal 118 HIR, 142 R.Bg jo Pasal 73 UU No. 7 Tahun 1989); b. Penggugat dianjurkan untuk meminta petunjuk kepada pengadilan agama/mahkamah syar’iah tentang tata car...

Selengkapnya


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas