logo

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON

Jalan Raya Kebun Cengkeh Batu Merah Atas - Ambon 97128

Tlp. (0911) 431171, Fax. 355296, Email: surat@pta-ambon.go.id

PA Namlea Sukses Launching Perdana PTSP Pengadilan Agama Namlea mengadakan Launching Perdana Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Acara ini diadakan di Aula Kantor Bupati Kabupaten Buru yang dihadiri oleh 200 orang tamu undangan yang terdiri dari Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buru serta para Kepala Instansi Pemerintah Kabupaten Buru lainnya.
Ketua PTA Ambon Melantik Wakil Ketua Tiga Pengadilan Agama Baru Pengadilan Tinggi Agama Ambon menggelar acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Wakil Ketua dan para pejabat di Pengadilan Agama yang baru yaitu Pengadilan Agama Namlea, Dataran Hunimua Seram Bagian Timur (SBT) dan Dataran Hunipopo Seram Bagian Barat (SBB).
PTA Ambon Raih Penghargaan “A Excellent” SAPM 2018 Pengadilan Tinggi Agama Amon patut berbangga dengan raihan hasil Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) tahun 2018 yang diumumkan bulan ini. Nilai yang didapatkan PTA Ambon sungguh menggembirakan yaitu “A Excellent”.
PORTAL PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON Template website pengadilan yang sudah memenuhi standar SKMA 1-144/2011 Mengenai Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu website yang menggunakan template ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.
SIWAS "Whistleblowing System""adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan.
Aplikasi SIPP Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Ambon (www.pta-ambon.go.id), sebagai media informasi dan transparansi pada Peradilan Agama di Maluku   -   Keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Ambon mengucapkan selamat atas dilantiknya Bpk. Drs. H. Sukiman BP, SH. MH sebagai Ketua PTA. Ambon Baru, yang dilantik pada hari Kamis tanggal 24 Januari 2019 semoga menjadi pemimpin yang amanah, Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Agama Ambon mengucapkan Selamat atas Pencangan Pembangunan Zona Integritas WBK dan WBBM tanggal 13 Februari 2019.

MEMAHAMI ARTI TUNJUKKANLAH KEJALAN YANG LURUS

 

Ambon|pta-ambon.go.id (25/1/19)

Ceramah   atau kultum di Mushalla Al-Hikmah Pengadlan Tinggi Agama Ambon dilaksanakan setiap Jum’at setelah selesai Shalat Ashar, dan untuk kali ini yang memberikan ceramah atau kultum adalah Wakil Ketua PTA. Ambon Drs.M. Shaleh, M.Hum

Dalam ceramahnya beliau mengambil ayat 6 Surat Al-Fatihah yang berbunyi :

اهد ناالصراط المستقيم

Tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus

Bahwa kata nabi : “untuk hadir dalam sebuah jamah atau mejelis untuk mendengarkan ceramah adalah lebih utama dari shalat sunnah 100 rakaat.

 

Pada kesempaan itu nabi pernah berkata, bahwa hidup ini bagaikan garis lurus.

Bahwa garis lurus itu mempunyai beberapa karakter, yaitu:

Karakter pertama : Arahnya satu yaitu menuju kematian, untuk menghadap Allah Swt, bahwa arah hidup kita adalah menuju Allah Swt. Garis yang lurus adalah arahnya hanya satu yaitu menuju Allah.

Karakter kedua : Garis lurus itu tidak pernah berbelok arah.

Sebab kalau berbelok arah bukan garis lurus lagi. Kita itu tidak bisa tidak, kecuali akan kembali kepada Allah Swt. Dan Allah memberi dua jalan yaitu menuju surga dan menuju neraka.

Karakter yang ketiga: bahwa garis lurus itutidak akan kembali ke titik semula, kita tidak akan pernah kembali muda lagi artinya kita tidak pernah bisa kembali ke masa lalu. Jadi waktu itu tidak akan kembali ketitik semula.

Karakter keempat : bahwa garis lurus itu jarak terpendek, yaitu antara kita dengan Allah swt.

Dalam Hadits : “Barang siapa bertambah ilmunya tetapi tidak bertambah hidayahnya, maka  tidak akan bertambah hubungannya dengan Allah kecuali semakin menjauh, oleh karena itu, kita harus minta hdayah kepada allah

Para ulama membagi hidayah itu ada 5 (lima) tingkatan :

  1. Bentuk hidayah yang berikan kepada allah kepada manusia yang terendah adalah insting atau naluri , seperti rasa ngantuk itu hidayah oleh allah memberi tahu, bahwa badanmu sudah lelah maka harus istirahat, rasa lepar juga hidayah memberi tahu bahwa badan lelah, rasa lapar untuk makan dan minum.
  2. Yang lebih tinggi lagi adalah panca indra, tetapi hiayah ini terbatas, mata kita tidak bisa tidak bisa melihat apa yang ada dibalik. Karena oleh Allah membatasai, itu adalah untuk melindungi kita. Kalau kita bisa melihat semuanya hidup kita tidak enak. Telinga kita tidak bisa mendengar kejadian tahun lalu.
  3. Hidayah lebih tinggi dari paca indra adalah akal. Dengan akal, manusia bisa mengembangkan ilmu dan teknologi.
  4. Hidayah selanjutnya adalah agama, kita diberi hidayah oleh Allah Swt, adalah Islam, tetapi kualitas berbeda beda, tetapi ada yang sudah diberi hidayah agama masih ada yang makan dari barang yang haram, disuruh shalat tidak mau shalat.
  5. Hidayah yang tinggi selanjutnya adalah maunah dan taufiq.

Maunah pertolongan dari Allah. Yang membangkitkan semangat shalat itu adalah dari Allah, itu yang diberikan oleh Allah Swt. Oleh karena itu majelis taklim yang kita harapkan menjemput hidayah dari Allah Swt.

Taufiq itu persetujuan dari Allah, yaitu bertemunya kehendak Allah dengan kehendak kita.

 

Jalan yang lurus menurut ulama ada 4,macam yaitu

  1. Maksud jalan yang lurus adalah kitabullah, yaitu Al_qur’an, banyak orang islam tidak bisa membaca, ada yang bisa membaca tetapi tidak pernah membaca. Untuk itu diupayakan membaca Alqur’an detiap hari walaupun hanya satu ayat.
  2. Agama Islam itu sendiri. Tetapi yang dimaksud agama islam adalah mengamalkan ajaran islam itu sendiri.
  3. Jalan menuju islam. Antara lain seperti ini rajin mebaca buku agama, rajin mendengarkan pengajian pengajian.
  4. Adalah jalan menuju surga. Bahwa besok orang muslim akan masuk surga dengan rombongan rombongan. Kita tidak boleh masuk surga sendiri sendiri.

Konsep ibadah itu bersam sama, bukan sendiri sendiri.

Ar/it ptaambon

Add comment


Security code
Refresh

Bagaimana Tata Cara Melakukan Pengaduan?

Typography Pengaduan adalah laporan yang mengandung informasi atau indikasi terjadinya Pelanggaran terhadap Kode Etik dan pedoman perilaku Hakim, Pelanggaran Kode Etik dan pedoman perilaku Panitera dan Jurusita, Pelanggaran terhadap Kode Etik dan kode perilaku pegawai Aparatur Sipil Negara, Pelanggaran hukum acara atau Pelanggaran terhadap disiplin Pegawai Negeri Sipil atau peraturan disiplin militer, mala...

Selengkapnya

Prosedur Pengajuan Perkara

Typography 1. PROSEDUR PENGAJUAN CERAI GUGAT Langkah-langkah yang harus dilakukan Penggugat (Istri) atau kuasanya : 1. a. Mengajukan gugatan secara tertulis atau lisan kepada pengadilan agama/mahkamah syar’iyah (Pasal 118 HIR, 142 R.Bg jo Pasal 73 UU No. 7 Tahun 1989); b. Penggugat dianjurkan untuk meminta petunjuk kepada pengadilan agama/mahkamah syar’iah tentang tata car...

Selengkapnya


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas