logo

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON

Jalan Raya Kebun Cengkeh Batu Merah Atas - Ambon 97128

Tlp. (0911) 431171, Fax. 355296, Email: surat@pta-ambon.go.id

PA Namlea Sukses Launching Perdana PTSP Pengadilan Agama Namlea mengadakan Launching Perdana Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Acara ini diadakan di Aula Kantor Bupati Kabupaten Buru yang dihadiri oleh 200 orang tamu undangan yang terdiri dari Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buru serta para Kepala Instansi Pemerintah Kabupaten Buru lainnya.
Ketua PTA Ambon Melantik Wakil Ketua Tiga Pengadilan Agama Baru Pengadilan Tinggi Agama Ambon menggelar acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Wakil Ketua dan para pejabat di Pengadilan Agama yang baru yaitu Pengadilan Agama Namlea, Dataran Hunimua Seram Bagian Timur (SBT) dan Dataran Hunipopo Seram Bagian Barat (SBB).
PTA Ambon Raih Penghargaan “A Excellent” SAPM 2018 Pengadilan Tinggi Agama Amon patut berbangga dengan raihan hasil Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) tahun 2018 yang diumumkan bulan ini. Nilai yang didapatkan PTA Ambon sungguh menggembirakan yaitu “A Excellent”.
PORTAL PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON Template website pengadilan yang sudah memenuhi standar SKMA 1-144/2011 Mengenai Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu website yang menggunakan template ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.
SIWAS "Whistleblowing System""adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan.
Aplikasi SIPP Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Ambon (www.pta-ambon.go.id), sebagai media informasi dan transparansi pada Peradilan Agama di Maluku   -   Keluarga besar Pengadlan Tinggi Agama Ambon mengucapkan Selamat Hari Korpri Ke-47 Tahun 2018.   -   Keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Ambon mengucapkan atas dilantiknya Bahrul Haji, SHI sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Namlea, Muhammad Hanafi, S.Ag sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunipopu, dan Marwan Wahdin, SHI sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimua, semoga menjadi pejabat yang amanah.

PTA. AMBON GELAR PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 1440 H/2018

Ambon|pta-ambon.go.id (26/11/2018)

Jum’at (26/11/2018), bertempat di Auala Pengadilan Tinggi Agama Ambon, peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, diperingati dengan suka cita yang diprakarsai oleh Ibu Ibu Majelis Taklim Pengadilan Tinggi Agama Ambon.

Hadir dalam acara ini adalah Pimpinan dan para pejabat Pengadilan Tinggi Agama Ambon dan Pengadilan Agama Ambon

 

Acara dimulai dengan pembacaan Kalam Illahi, kemudian sambutan Ketua PTA. Ambon, Hikmah Maulid Nabi Muhammad Saw dan pembacaan Syarafal Anam.

Ketua PTA. Ambon Dr. H. Nurdin Juddah, SH. MH, dalam sambutannya menyampaikan khusus Majelis Taklim Pengadilan Tinggi Agama Ambon sebagai sponsor utama, kami sampaikan terima kasih yang sebesar besarnya.

“Memang setiap daerah atau tempat dimana mana dilaksanakan dengan penuh suka cita, kita buat hal hal yang menggembirakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw, “ katanya.

Sedang Hikmah Maulid yang disampaikan oleh Wakil Ketua PTA. Ambon. Drs. M. Shaleh, M.Hum, dalam hikmahnya yang pada pokoknya  menyampaikan, bahwa untuk menguliti atau mengemukakan  Tema Maulid tersebut, ada 2 (dua) hal :

Yang pertama Bersyukur, yang kedua I’tibar Rasul.

BERSYUKUR

Harus kita akui karunia nikmat yang diberikan oleh Allah Swt kepada kita di samping kehidupan itu sendiri, pada garis besarnya ada dua hal :

1. Sistem kehidupan

2. Fasilitas kehidupan

Kita tidak bisa mebayangkan bagaima jalannya kehidupan di dunia ini, seandainya Allah tidak menurukan system kehidupan. Sistem kehidupan ada , ada 2 (dua) :

  1. Syariah
  2. Sunatullah

Begitu juga di lembaga ini ada system birokrasi.  Disampaing system kehidupan ada fasilitas kehidupan, banyak sekali fasilitas yang diberikan kepada Allah dan kita tidak mungkin dapat menghitungnya itu dipermaklumkan oleh Allah, dalam surah Ibrahim ayat 34 : Allah berfrman :

Artinya ;dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).

Diantara wujud syukur itu adalah bekerja dengan baik, itu namanya bersyukur. Bahkan Allah sangat cinta kepada Nabi. Allah sangat mencintai karyawan yang bekerja sebaik baiknya, itu sebagian dari bersyukur.

Imam Al- ghazali dalam bersyukur ada 4 (empat) hal, yaitu:

  1. Bersyukur dengan hati. Mengakui dalam hati, bahwa seluruh fasilitas yang melekat diri kita semua berasal dari pemberian Allah Swt. Jangan diakui sebagai prestasi diri sendiri itu namanya mengingkari nikmat Allah.
  2. Bersyukur dengan lisan atau ucapan. Perbanyak menyebut Allah, bersyukur itu wajib. Menyampaiakn puji pujian, memperbanyak dzikir dan mengingat kepada Allah swt.
  3. Bersyukur dengan tindakan atau perbuatan. Memanfaatkan seluruh potensi nikmat dalam rangka taat kepada Allah Swt. Diberi mata supaya difungsikan untuk membaca ayat ayat Allah Swt. Sebagian rizki yang kita dapatkan di infaqkan kepada yang berhak.
  4. Bersyukur dengan cara memelihara nikmat nikmat yang telah diberikan dari Allah, diberi tubuh yang sehat kita pelihara dengan cara jangan diberi makanan yang haram.

Mari kita semuanya berusaha menggolongkan diri kedalam golongan hambanya yang mau bersyukur.

I'TIBAR

I’tibar Rasul ; Diungkapkan oleh Allah Swt dalam Surat Ali Imran ayat 31:

 

 

Artinya : Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Itibar Rasul ada 3 (tiga) tingkatan, yaitu :

      1. I’tibar Rasul Fissuro,  meniru Rasul dari segi fisik.

Rasul pakai jenggot, lalu pakai jenggot, Rasul pakai gamis lalu pakai gamis. Itu tidak wajib tetapi boleh boleh saja.

2. I’tibar Rasul Fissiro, meniru Rasul dari Tradisi, nabi kalau makan ditiru, nabi kalau tidur ditiru.

3. I’tibar Rasul Fissariro, meniru Rasul dalam hal kepribadian, Allah Swt mengungkapkan  dalam  surat  At-Taubah ayat 128.

Artinya :Sungguh Telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi Penyayang terhadap orang-orang mukmin.

Add comment


Security code
Refresh

Bagaimana Tata Cara Melakukan Pengaduan?

Typography Pengaduan adalah laporan yang mengandung informasi atau indikasi terjadinya Pelanggaran terhadap Kode Etik dan pedoman perilaku Hakim, Pelanggaran Kode Etik dan pedoman perilaku Panitera dan Jurusita, Pelanggaran terhadap Kode Etik dan kode perilaku pegawai Aparatur Sipil Negara, Pelanggaran hukum acara atau Pelanggaran terhadap disiplin Pegawai Negeri Sipil atau peraturan disiplin militer, mala...

Selengkapnya

Prosedur Pengajuan Perkara

Typography 1. PROSEDUR PENGAJUAN CERAI GUGAT Langkah-langkah yang harus dilakukan Penggugat (Istri) atau kuasanya : 1. a. Mengajukan gugatan secara tertulis atau lisan kepada pengadilan agama/mahkamah syar’iyah (Pasal 118 HIR, 142 R.Bg jo Pasal 73 UU No. 7 Tahun 1989); b. Penggugat dianjurkan untuk meminta petunjuk kepada pengadilan agama/mahkamah syar’iah tentang tata car...

Selengkapnya


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas