logo

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON

Jalan Raya Kebun Cengkeh Batu Merah Atas - Ambon 97128

Tlp. (0911) 431171, Fax. 355296, Email: surat@pta-ambon.go.id

Ketua PTA Ambon Melantik Wakil Ketua Tiga Pengadilan Agama Baru Pengadilan Tinggi Agama Ambon menggelar acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Wakil Ketua dan para pejabat di Pengadilan Agama yang baru yaitu Pengadilan Agama Namlea, Dataran Hunimua Seram Bagian Timur (SBT) dan Dataran Hunipopo Seram Bagian Barat (SBB).
PTA Ambon Raih Penghargaan “A Excellent” SAPM 2018 Pengadilan Tinggi Agama Amon patut berbangga dengan raihan hasil Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) tahun 2018 yang diumumkan bulan ini. Nilai yang didapatkan PTA Ambon sungguh menggembirakan yaitu “A Excellent”.
PORTAL PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON Template website pengadilan yang sudah memenuhi standar SKMA 1-144/2011 Mengenai Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu website yang menggunakan template ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.
SIWAS "Whistleblowing System""adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan.
Aplikasi SIPP Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Ambon (www.pta-ambon.go.id), sebagai media informasi dan transparansi pada Peradilan Agama di Maluku   -   Keluarga besar Pengadlan Tinggi Agama Ambon mengucapkan Selamat Hari Pahlawan Ke-73 Tahun 2018.   -   Keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Ambon mengucapkan atas dilantiknya Bahrul Haji, SHI sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Namlea, Muhammad Hanafi, S.Ag sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunipopu, dan Marwan Wahdin, SHI sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimua, semoga menjadi pejabat yang amanah.

Cara Mengajukan keberatan Terhadap Pelayanan Informasi

 

Dasar Hukum : nomor : 1-144/KMA/SK/1/2011

 A.SyaradaProseduPengajuan

1. Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan sebagaberikut:

a. Adanya penolakaatapermoashonainformasi;

        b. Tidak disediakannya informi yang wajib diumumkan secara berkala sebagaimandimaksudalabagian II.A;

c. Tidaditanggapinypermohonainformasi;

d. Permohonaditanggaptidak sebagaimana yandiminta;

e. Tidadipenuhinya permohonainformasi;

f. Pengenaabiaya yantidawajardan/atau

g. Penyampaiainformasi melebihwaktu yandiatudalaPedomaini.

2. Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi olePemohoatau kuasanya.

B. Registrasi

       1. Petugainformasi wajimemberikan formulir keberatan kepadpemohountuk diisdamembantu pengisiannya jika diperlukan ( FormaFormuliKeberatan dalaLampiranI X).

  2. Petugas Informasi langsunmemberikasalinan formulir keberatan sebagatanda terimpengajuan keberatan.

3.Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam   register Keberatan (Format RegisteKeberatadalaLampiraXdameneruskanny   kepadatasaPPID dengatembusan kepadPPID dalam waktu selambat- lambatnya 2(dua) hari kerja sejapermohonadiajukan

C.TanggapanAtasKeberatan

1. Atasan PPID wajib memberikan tanggapadalabentuk keputusatertulis yandisampaikan kepadPetugaPPID denganembusan kepadPPID selambat-lambatnya dalam waktu 20 (dua puluh)   hari sejak dicatatnya pengajuan keberatatersebudalaregister keberatan.

  2. Keputusan tertulis sebagaimandimaksud sekurang-kurangnya memuat:

   a. Tanggapembuatan surat tanggapaatas keberatan;

b. Nomor surat tanggapaatakeberatan;

c. Tanggapan/jawaban tertuliatasaPPID atas keberatan yandiajukan yang berisi salah satu atabeberaphal sebagaberikut:

(i) Mendukung sikaataputusaPPID disertaalasadapertimbangan yanjelas;

(ii) MembatalkaputusaPPID dan/atamemerintahkaPPID untuk memberikan sebagiaatau seluruinformasi yandiminta kepada Pemohon dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat   14 (empat belashari kerja;

(iii) Memerintahkan PPID untuk menjalankan kewajibannya dalam memberikapelayanainformasi sesuadengan Undang-undang dan peraturan yanberlaku dalajangka waktu tertentu selambat-lamba14 (empabelas) hari kerja;

(iv) Menetapkan biaya yanwajar yandapadikenakakepadpemohon informasi (FormaSuraTanggapaAtaKeberatadalaLampiraXI).

Petugas Informasi menyampaikaatamengirimkan keputusaAtasaPPID kepadPemohoatau kuasanya selambat-lambatnya dalawaktu 2(duahari kerja sejamenerima tanggapadarAtasaPPID daditembuskan ke PPID serta Biro Hukudan HubungaMasyarakaMahkamahAgung.

4. Pemohon yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan atasaPPID berhamengajukapermohonapenyelesaian sengketa Informasi kepadKomisi Informasi selambat-lambatnya 1(empabelas) hari kerja sejak diterimanya keputusaatasaPPID.

Add comment


Security code
Refresh

Bagaimana Tata Cara Melakukan Pengaduan?

Typography Pengaduan adalah laporan yang mengandung informasi atau indikasi terjadinya Pelanggaran terhadap Kode Etik dan pedoman perilaku Hakim, Pelanggaran Kode Etik dan pedoman perilaku Panitera dan Jurusita, Pelanggaran terhadap Kode Etik dan kode perilaku pegawai Aparatur Sipil Negara, Pelanggaran hukum acara atau Pelanggaran terhadap disiplin Pegawai Negeri Sipil atau peraturan disiplin militer, mala...

Selengkapnya

Prosedur Pengajuan Perkara

Typography 1. PROSEDUR PENGAJUAN CERAI GUGAT Langkah-langkah yang harus dilakukan Penggugat (Istri) atau kuasanya : 1. a. Mengajukan gugatan secara tertulis atau lisan kepada pengadilan agama/mahkamah syar’iyah (Pasal 118 HIR, 142 R.Bg jo Pasal 73 UU No. 7 Tahun 1989); b. Penggugat dianjurkan untuk meminta petunjuk kepada pengadilan agama/mahkamah syar’iah tentang tata car...

Selengkapnya


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas