logo

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON

Jalan Raya Kebun Cengkeh Batu Merah Atas - Ambon 97128

Tlp. (0911) 431171, Fax. 355296, Email: surat@pta-ambon.go.id

PTA Ambon Raih Penghargaan “A Excellent” SAPM 2018 Pengadilan Tinggi Agama Amon patut berbangga dengan raihan hasil Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) tahun 2018 yang diumumkan bulan ini. Nilai yang didapatkan PTA Ambon sungguh menggembirakan yaitu “A Excellent”.
PTA Ambon Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Pengadilan Tinggi Agama Ambon mengadakan sosialisasi dan pelatihan pencegahan bahaya kebakaran. Dalam sosialisasi ini Pengadilan Tinggi Agama Ambon bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon.
PORTAL PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON Template website pengadilan yang sudah memenuhi standar SKMA 1-144/2011 Mengenai Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu website yang menggunakan template ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.
SIWAS "Whistleblowing System""adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan.
Aplikasi SIPP Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Ambon (www.pta-ambon.go.id), sebagai media informasi dan transparansi pada Peradilan Agama di Maluku   -   Keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Ambon mengucapkan Selamat atas dilantiknya Bpk. Drs. M. Shaleh, M.Hum sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon dan Bpk. Drs. Hairil Anwar, M.H. sebagai Panitera Pengadilan Tinggi Agama Ambon.   -   Keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Ambon mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, semoga tahun baru ini menjadikan kita untuk meningkatkan kinerja dan menjadi orang yang bertaqwa

KETUA KAMAR AGAMA MARI MEMBUKA SOSIALISASI EKONOMI SYARI’AH DI PTA.AMBON

1 

Ambon| www.pta-ambon.go.id

Senin, (24/9/18) Untuk meningkatkan kemampuan tenaga teknis hakim Peradilan Agama dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah terus dipacu, bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Ambon, Ketua Kamar Agama MARI, yang diwakili Hakim Agung MARI Dr. H. A. Mukti Arto, SH. M.Hum membuka Sosialisasi Perma nomor 14 tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian perkara Ekonomi Syari’ah di PTA. Ambon.

Kegiatan ini diikuti oleh para Hakim Tinggi, Para Panmud, Panitera Pengganti pada Pengadilan Tinggi Agama Ambon, Ketua, Hakim, Panitera, Panmud Pengadilan Agama Se- Maluku, IAIN Ambon, MUI Maluku dan Peradi Maluku yang seluruhnya berjumlah 36 orang peserta.

2

Acara Pembukaan dimuai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian Laporan Ketua Panitia Daerah Drs. H. Sulem Ahmad, SH, MA dilanjutkan dengan Sambutan Ketua PTA.Ambon.

Ketua PTA. Ambon Dr. H. Nurdin Juddah, SH. MH dalam sambutannya menyampaikan, Terima kasih Kepada Badilag yang telah memilih PTA. Ambon untuk Sosialisasi Perma nomor 14 tahun 2016, dengan mendatangkan 3 (tiga) Nara Sumber dari Hakim Agung RI, Dr. H. A. Mukti Arto, Sh. M.Hum, Dr. H. Yasardin, SH. MH dan Dr. Drs. H. Abdul Manaf, MH

3

Sedangkan Ketua Kamar Agama MARI yang diwakili oleh Hakim Agung RI Dr. H. A. Mukti Arto, SH, M.Hum, menyampaikan bahwa di Mahkamah Agung itu ada 5 kamar, yang mengadili teknis peradilan yaitu kamar Pidana, Kamar Perdata, Kamar Agama, Kamar Militer dan Kamar TUN ditambah Kamar non teknis Kamar Pembinaan dan Pengawasan, “ini saya perkenalkan bagi yang posisinya diluar pengadilan, bagi yang didalam pengadilan saya kira sudah paham, “jelasnya.

Kegiatan ini dselenggarakan di semua propinsi kini giliran di Mlauku, yang pertama untuk silaturrahim supaya kebersamaan dan kekompakan antara kita semuanya dan kekompakan di daerah antara Peradilan Agama dengan masyarakat ekonomi syariah dengan membantu masyarakat pencari keadilan maupun dengan lembaga lain termasuk dengan sesama peradilan.

Kedua, Khususnya dibidang agama, kamar agama menangani perkara perdata agama, ekonomi syariah dan jinayah.

Khusus untuk jinayah hanya untuk di daerah Aceh, di daerah lain tidak ada.

Perkara perdata agama meliputi : Perkara Ahwalus syahsiah (hukum keluarga) yakni perkawinan dan kewarisan dan perdata lainnya,

Kekuasaan Peradilan Agama meliputi : Kawawahiwaziseksyaji (perkawinan waris wasiat hibah, wakaf, zakat, infaq dan shodagoh, ekonomi syariah dan jinayah).

Akhir kata bagaimana kita bisa meningkatkan kewibawaan badan peradilan yang berada di bawah Mahkamah Agung, “mari kita jaga integritas kita jangan sampai ada di lingkungan peradilan kita ada oknum, meskipun hanya satu yang melakukan non disiplin tapi tetap merusak susu sebelanga, gara gara setitik nila, “harapnya.

4

Akhirnya dengan membaca bismilahirrahmanirrahim, beliau membuka acara dengan mengetuk palu 4 kali.

5

Acara pembukaan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Drs. La Suriadi.

6

Setelah break acara dilanjutkan dengan materi pertama oleh YM.Dr. H.A. Mukti Arto, SH. M.Hum (Hakim Agung MARI) dengan materi Tata Cara gugatan Sederhana (Perma Nomor 14 tahun 2016), materi yang kedua oleh YM. Dr. H. Yasardin, SH. MH dengan materi Eksekusi Hak Tanggungan dan fidusia, materi yang ketiga oleh YM. Dr. Drs. H. Abdul Manaf, MH dengan materi Eksekusi dan Pembatalan PutusanArbitrase.(ar/it)

Add comment


Security code
Refresh

Bagaimana Tata Cara Melakukan Pengaduan?

Typography Pengaduan adalah laporan yang mengandung informasi atau indikasi terjadinya Pelanggaran terhadap Kode Etik dan pedoman perilaku Hakim, Pelanggaran Kode Etik dan pedoman perilaku Panitera dan Jurusita, Pelanggaran terhadap Kode Etik dan kode perilaku pegawai Aparatur Sipil Negara, Pelanggaran hukum acara atau Pelanggaran terhadap disiplin Pegawai Negeri Sipil atau peraturan disiplin militer, mala...

Selengkapnya

Prosedur Pengajuan Perkara

Typography 1. PROSEDUR PENGAJUAN CERAI GUGAT Langkah-langkah yang harus dilakukan Penggugat (Istri) atau kuasanya : 1. a. Mengajukan gugatan secara tertulis atau lisan kepada pengadilan agama/mahkamah syar’iyah (Pasal 118 HIR, 142 R.Bg jo Pasal 73 UU No. 7 Tahun 1989); b. Penggugat dianjurkan untuk meminta petunjuk kepada pengadilan agama/mahkamah syar’iah tentang tata car...

Selengkapnya


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas