logo

Written by Afwan Arsyad, A.Md. on . Hits: 422

SELURUH PEGAWAI PTA. AMBON MENGIKUTI SECARA DARING 

LAUNCHING APLIKASI SISTEM INFORMASI TENAGA TEKNIS PERADILAN AGAMA (SIMTEPA) DAN

APLIKASI ACCESS CCTV ONLINE (ACO)

 

PTA.Ambon.go.id││

Minggu 13 Maret 2022, pukul 21.00 Seluruh Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Ambon yang Pimpin oleh Wakil Ketua (Drs. H. Sahrudin, SH.,MHI) mengikuti Launching Aplikasi Sistem Informasi Tenaga Teknis Peradilan (SIMTEPA) dan Aplikasi Acces CCTV Online (ACO) diruang aula Pengadilan Tingi Agama Ambon, kegiatan yang dilaksanakan secara daring tersebut juga di ikuti oleh Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta para Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Ambon.

Acara diawali dengan manyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Himne Mahkamah Agung serta dilanjutkan dengan lantunan ayat suci al-qur’an oleh Drs. Abdul Haliq, SH.,MH. (Panitera PTA. Padang) dan dilanjutkan dengan doa yang dibacakan oleh  Sekretaris PTA. Banjarmasin (Naffi, S.Ag.,MH.)

Dalam laporannya Bapak Dirjen Badilag MA-RI (Dr. Drs. Aco Nur, SH.,MH.), menyampaikan terimakasih yang sebesar-sebesar kepada Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI yang mana ditengah-tengah kesibukannya berkenan hadir manghadiri undangan ini, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada malam ini :

  1. Launching Aplikasi Sistem Informasi Tenaga Teknis Peradilan Agama (SIMTEPA) dan Access CCTV Online (ACO) Badilag;
  2. Penyerahan Rekor MURI dengan ketegori pemasangan CCTV terbanyak seluruh Indonesia;
  3. Penyerahan Apresiasi Penghargaan Pengadilan berprestasi di Lingkungan Peradilan Agama;
  4. Pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama;

Dr. Drs. Aco Nur, SH.,MH juga menyampaikan Aplikasi Sistem Informasi Tenaga Teknis Peradilan Agama (SIMTEPA) telah terintegrasi dengan SIKEP MA.RI dengan tujuan dibuat adalah untuk Proses Pengambilan Kebijakan terkait Promosi dan Mutasi tenaga teknis di Lingkungan Peradilan Agama secara cepat, akurat dan paperless yang mana SK Mutasi hasil TPM paling lama 2 (dua) hari sudah dikirim yang sebelumnya 5 (lima) hari baru dikirim.

Sementara itu untuk Aplikasi Access CCTV Online (ACO) dari 4 titik sekarang menjadi 9 titik yaitu :

  1. Ruang PTSP;
  2. Ruang Tunggu sidang/Ruang Pertemuan;
  3. Halaman Apel;
  4. Ruang Hakim;
  5. Ruang Kepaniteraan;
  6. Ruang Kesekretariatan;
  7. Ruang Tamu terbuka;
  8. Halaman parker; dan
  9.  Mushola.

1c

Dengan Inovasi ACO ini Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mendapat Rekor MURI dengan Kategori Pemasangan CCTV terbanyak yaitu 4000 CCTV yang tersentral yang terkoneksi secara reatime diseluruh Pengadilan Agama. Mengakhiri laporannya Bapak Dirjen Badilag MA-RI (Dr. Drs. Aco Nur, SH.,MH.) memohon kiranya Bapak ketua Mahkamah Agung RI berkenan melaunching Aplikasi Sistem Infromasi Tenaga Teknis SIMTEPA dan ACO Badilag, menerima Rekor Muri, memberikan Penghargaan Kinerja Satker berprestasi dan membuka kegiatan Rapat Koordinasi (RAKOR) Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.

Acara dilanjutkan dengan Launching Aplikasi Sistem Informasi Tenaga Teknis Peradilan Agama (SIMTEPA) dan Access CCTV Online (ACO) Badilag, Penyerahan Rekor MURI dengan ketegori pemasangan CCTV terbanyak diseluruh Indonesia dan Penyerahan Apresiasi Penghargaan Pengadilan berprestasi di Lingkungan Peradilan Agama oleh yang mulia Ketua Mahkamah Agung RI (Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, SH.,MH).

Dalam Arahannya Ketua Mahkamah Agung RI (Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, SH.,MH) Pertama-tama mengajak seluruh tamu udangan untuk memperhatikan Protokol kesehatan dan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena pada malam hari ini kita telah menyaksikan penyerahan Sertifikat APM, Rekor Muri dan Launching Aplikasi. Beliau juga menyampaikan ada 4 (empat) pilar yang menjadi simbol Peradilan yang artinya melambangkan 4 (empat) lingkungan Peradilan bukan 4 (empat) unsur Pimpinan, Panitera dan sekretaris adalah supporting unit dalam administrasi perkara dan administrasi umum.

Beliau juga memberikan Apresiasi kepada Bapak Dirjen Badilag MA-RI (Dr. Drs. Aco Nur, SH.,MH.), yang telah mendapat penghargaan pribadi yaitu Top Digital Awards dan Pelopor Perubahan dari Penpan RB. Ketua Mahkamah Agung RI juga menyampaikan setelah dilakukan ujicoba terhadap Aplikasi (ACO) tadi yang dimulai dengan melihat CCTV dari Ujung Timur Sampai Ujung Barat semua telah terkoneksi dengan baik, diharapkan dengan hadirnya Teknologi Informasi (TI) diharapkan dapat mendorong apatur untuk bekerja dengan baik, cepat dan efisien, aplikasi harus digunakan dan dimanfaatkan karena kalau tidak hanya menjadi benda mati.

Ketua Mahkamah Agung RI (Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, SH.,MH) juga mengatakan “saya tidak sangka bahwa acara malam ini menjadi padat dan sangat penuh dengan prestasi, dan saya sangat Apresiasi”. semoga Pengadilan Agama lebih baik lagi dari apa yang dilihat hari ini.  Dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirahim” secara resmi Rakor dibuka oleh yang mulia Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, SH.,MH (Ketua MA-RI), semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan perlindungan kepada kita semua amin.

AFW_RED

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Ambon

Jl. Raya Kebun Cengkeh Batumerah Atas Ambon - 97128

Telp: (0911) 341171

Fax:  (0911) 355296

Website : www.pta-ambon.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.